Senin, 08 April 2024

Sunset Terindah Di Kerajaan Ratu Boko

 

Gerbang Utama, Sumber foto : https://www.magnetoholidays.id/

Kerajaan Ratu Boko mungkin tidak seterkenal Candi Prambanan. Tapi Kerajaan Ratu Boko tidak bisa dipisahkan dari Candi Prambanan. Hal itu karena letak Kerajaan Ratu Boko tidak jauh dari Candi Prambanan. Bahkan banyak paket wisata yang menjadikan Candi Prambanan dan Kerajaan Ratu Boko menjadi satu paket wisata.

Apabila pengunjung sudah sampai di Kawasan Candi Prambanan atau lebih tepatnya Pasar Prambanan, silakan belok ke Selatan kurang lebih 5 km kemudian belok kiri. Di situlah letak Kerajaan Ratu Boko. Lebih tepatnya berada di Jalan Raya Piyungan Prambanan Nomor 2, Gatak, Bokoharjo, Kapanewon (Kecamatan) Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY.

Tak heran jika Kerajaan Ratu Boko menjadi salah satu tempat wisata favorit di Yogyakarta. Salah satu keindahan yang ditawarkan adalah sunset di ketinggian. Di Kerajaan Ratu Boko, pengunjung dapat menikmati sunset dari ketinggian yang menjadikannya sebagai sunset terindah di Yogyakarta. Memang letak Kerajaan Ratu Boko berada di ketinggian kurang leboh 196 mdp di Bukit Boko, jadi siapkan kendaraan dalam kondisi prima untuk melalui tanjakannya, ya!. Selepas dari tempat parkir kendaraan, pengunjung harus menaiki anak tangga sejauh sekitar 100 meter untuk mencapai ketinggian tersebut. Olahraga dulu sebelum dapat keindahan yang nyata.

Spot favorit di Kerajaan Ratu Boko ada pada gerbang utama yang menjadi tempat terindah untuk melihat sunset dari ketinggian. Gerbang utama berjarak sekitar 15 meter dari Gerbang Luar dan memiliki ukuran lebih besar dari Gerbang Dalam. Terdiri dari lima Gapura Paduraksa yang berbaris sejajar dengan Gerbang Luar.

Berjarak sekitar 37 meter arah Tenggara dari Gerbang Utama, terdapat Candi Pembokoran. Terletak dengan ketinggian 3 meter model tanah berundak dengan luas denah dasar 26 m2. Pada Tengah pelataran terdapat semacam sumur berbentuk bujur sangkar dengan panjang masing-masing sisi adalah empat meter. Sumur ini konon digunakan sebagai tempat pembokoran mayat. Di sudut Tenggara Candi Pembokoran terdapat sumur yang konon airnya adalah air suci.

Candi Pembokoran, sumber data : https://jogjacagar.jogjaprov.go.id/


Selain Candi Pembokoran terdapat pula sebuah Paseban. Dalam Bahasa Jawa, Paseban berarti tempat untuk menghadap raja. Paseban dibangun dari batu andesit dengan tinggi 1,5 meter, mempunyai panjang 38 meter, dan lebar 7 meter.

Dari Paseban, pengunjung dapat berjalan ke arah Selatan dari Gapura sejauh 20 meter dan akan menemukan sebuah pendapa. Pendapa dapat diartikan sebagai tempat untuk para tamu menunggu tuan rumahnya. Di sisi luar pendapa, terdapat tiga candi kecil sebagai tempat pemujaan Dewa Wisnu, Dewa Siwa dan Dewa Brahma.

Selanjutnya, pengunjung bisa berjalan ke arah Timur Pendapa dan akan menjumpai Keputren yang berarti tempat tinggal para putri. Keputren terbagi menjadi dua bagian yang dipisahkan oleh dinding batu dan memiliki sebuah pintu penghubung. Bagian pertama terdapat tiga buah kolam berbentuk persegi. Dan bagian yang lain terdapat 8 kolam berbentuk lingkaran yang berjajar dalam 3 baris.

Kolam Keputren, Sumber foto : https://borobudurpark.com/


Sebelah Tenggara Paseban terdapat Gua Wadon yang memiliki relung seperti bilik dengan ukuran yang lebih kecil daripada Gua Lanang. Gua Lanang terdapat di sebelah Timur dari Paseban dan merupakan sebuah Lorong persegi dengan ukuran lebih besar daripada Gua Wadon.

Semua bagian yang terdapat di Kerajaan Ratu Boko merupakan bekas reruntuhan istana dari Kerajaan Ratu Boko. Diyakini bahwa Ratu Boko adalah ayah dari Roro Jonggrang yang sangat kental dengan legenda Candi Prambanan. Salah satu keistimewaan Kerajaan Ratu Boko adalah letaknya yang berada di tempat yang tinggi. Berbeda dengan Kraton lainnya di Jawa yang berada di dataran rendah.

Nah, kapan lagi menikmati sunset terindah di Kerajaan Ratu Boko?

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sunset Terindah Di Kerajaan Ratu Boko

  Gerbang Utama, Sumber foto : https://www.magnetoholidays.id/ Kerajaan Ratu Boko mungkin tidak seterkenal Candi Prambanan. Tapi Kerajaan Ra...