Minggu, 07 April 2024

Ngadem Di Kaliurang

 

Gerbang Kaliurang, sumber foto : https://travel.detik.com/

Kaliurang merupakan sebuah kawasan wisata yang terletak di lereng Gunung Merapi. Sehingga bisa dikatakan merupakan wisata dingin yang dimiliki Daerah Istimewa Yogyakarta lebih tepatnya berada di Kabupaten Sleman. Berjarak kurang lebih sekitar 27 kilometer ke arah Utara dari pusat Kota Yogyakarta.

Kawasan wisata Kaliurang layaknya puncak di Jawa Barat. Dengan jalan yang berkelok dan tanjakan tajam menghadirkan udara sejuk yang memanjakan tubuh. Tentu saja pengunjung harus menyiapak kendaraan dengan kondisi yang ekstra. Kawasan Kaliurang bisa ditempuh baik menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Jam buka gerbang Kawasan Kaliurang adalah setiap hari selama 24 jam. Harga Tiket Masuk Gerbang Kaliurang adalah Rp. 5.000,-. Tapi perlu diingat bahwa HTM ini hanyalah untuk memasuki Gerbang Kaliurang saja. Setelah melewati Gerbang Kaliurang, pengunjung akan disuguhkan rute yang beraneka ragam. Masing – masing rute tersebut memiliki jalur wisata yang berbeda-beda.

Beberapa objek wisata yang bisa dikunjungi di Kawasan Kaliurang adalah sebagai berikut :

Museum Ulen Sentalu

Ullen Sentalu, sumber foto : idntimes.com


Merupakan museum yang terletak di Jalan Boyong dan bertujuan untuk melestarikan budaya Jawa dari Dinasti Mataram. Seperti diketahui bahwa Dinasti Mataram terpecah menjadi empat bagian yaitu Kraton Yogyakarta, Kadipaten Pakualaman (di Yogyakarta), Kasunanan Surakarta, Kadipaten Mangkunegaran (di Surakarta). Barang yang dipamerkan berasal dari hibahan Bangsawan Dinasti Mataram.

Museum Gunung Merapi

Merupakan museum yang menyajikan edukasi tentang pergunungapian, terutama tentang kebencanaan. Terdapat beberapa ruangan yang menampilkan diorama, dan juga panel museum berupa bebrapa tipe gunung api dan letusannya. Selain itu beberapa artefak letusan Gunung Merapi tahun 2006 juga ada di Museum ini.

Agrowisata Bhumi Merapi

Wisata ini menyajikan tentang agrowisata budiaya ternak dan perkebunan. Selain itu terdapat spot foto bertema Santorini dan Alpen.

Merapi Park

Terdiri dari The World Landmark yang berisi spot foto miniatur landmark dunia dan juga Dino Park.

Tlogo Putri

Merupakan tempat wisata air yang mengacu pada danau buatan. Selain itu terdapat pula pertunjukan seni tiap hari Minggu.

Suraloka Zoo

Sebagai kebun Binatang yang berada di sisi Utara Yogyakarta. Koleksi satwanya memang tidak sebanyak Gembira Loka Zoo, tapi cukup menghibur pengunjung.

Stonehenge Jogja

Stonehenge Jogja, sumber foto : https://www.detik.com/


Merupakan tiruan dari Stonehenge Inggris dan menjadi salah satu spot foto prewedding. Sayangnya di wisata ini, hanya stonehenge saja yang menjadi objeknya, tidak ada yang lain.

Taman Kaliurang

Taman Kaliurang adalah taman yang paling terjangkau untuk piknik Bersama keluarga. Selain suasana yang sejuk dan banyak pohon rindang, pengunjung diperbolehkan membawa makanan dan minuman dari luar.

Tlogo Muncar

Tlogo Muncar merupakan primadona pada masanya. Dengan objek wisata berupa air terjun yang menjadikannya menarik. Hanya saja saat ini pengunjungnya sudah tidak sebanyak dulu. Tapi jangan khawatir, tempat ini masih menawarkan udara sejuk yang bisa membuat rileks.

The Lost World Castle

Banyak spot foto yang ditawarkan di sini, namun yang menjadi favorit adalah paradise gate dan latar sayap.

Bagi pengunjung yang suka dengan offroad, bisa memilih Wisata Merapi Lava Tour dengan berbagai rute yang disediakan. Dengan armada beraneka Jeep mulai dari Willys maupun Hardtop Land Cruiser bisa menjadikan pengalaman tersendiri. Rute yang ditawarkan mulai dari Short Trip (sekitar 90 menit), Medium Trip (sekitar 120 menit), Long Trip (150 menit), dan Super Long Trip (sekitar 3,5 jam) dengan biaya mulai dari Rp. 350.000,- hingga Rp. 650.000,-. Kapasitas armada bisa menampung sebanyak empat penumpang.

Objek wisata yang masuk pada trip antara lain Museum Sisa Hartaku (peninggalan bekas letusan Gunung Merapi tahun 2006 dengan posisi masih sesuai aslinya), Batu Alien (batu besar yang mirip dengan kepala Alien), Bungker Kaliadem, Tebing Gembol, Petilasan Mbah Marijan, Makam Mbah Marijan, Bukit Klangon, dan Offroad air sebagai lokasi terakhir.

off road air jeep merapi, sumber foto : https://jogjapolitan.harianjogja.com/


Kuliner khas dari Kaliurang adalah Jadah Tempe Mbah Carik dan Kopi Klothok. Rasanya belum ke Kaliurang kalau belum mencicipi Jadah Tempe Mbah Carik dan Kopi Klothok. Dengan banyaknya lokasi wisata yang ada, sebaiknya pengunjung membuat list atau rute wisata. Sepertinya tidak cukup hanya satu hari untuk mengunjungi semua objek yang ada. Tidak perlu khawatir jika ingin bermalam di Kaliurang. Banyak tersedia villa, maupun penginapan dengan harga yang bervariasi.

Jadah Tempe Bacem, sumber foto : https://www.saibumi.com/


Yuk, Ngadem Di Kaliurang!

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sunset Terindah Di Kerajaan Ratu Boko

  Gerbang Utama, Sumber foto : https://www.magnetoholidays.id/ Kerajaan Ratu Boko mungkin tidak seterkenal Candi Prambanan. Tapi Kerajaan Ra...