Senin, 27 Maret 2023

Cara Membedakan Jenis Kelamin Kitten Baru Lahir

Ketika kucing peliharaan melahirkan tentu saja menjadi moment yang ditunggu oleh pet parents, bukan? Untuk mengetahui jumlah anak yang dilahirkan, corak atau warna bulunya dan yang tak kalah membuat penasaran adalah jenis kelamin para kitten tersebut. Namun tak jarang banyak pet parents yang belum bisa membedakan jenis kelamin kitten yang baru lahir.

Berbeda dengan kucing dewasa yang bisa dengan mudah dilihat perbedaan jenis kelaminnya. Seperti adanya anus dan vagina pada kucing betina. Jenis kelamin yang terlilhat jelas pada kucing jantan dewasa adalah testis yang berisi skrotum, lubang anus dan penis. Pada kitten organ reproduksinya belum berkembang sempurna. Sehingga testis belum terlihat jelas layaknya kucing dewasa.

Namun pet parents tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara mudah untuk membedakan jenis kelamin kitten yang baru lahir yaitu dengan memeriksa alat kelamin pada bagian bawah ekor kitten yang baru lahir. Yang perlu diingat adalah lakukan dengan lembut dan tidak memaksan sehigga kitten merasa nyaman.

Elus kitten dengan lembut dan angkat perlahan dari induknya. Posisikan kepala kitten menjauh dari wajah kita. Dengan kata lain bagian anus yang berada dekat dengan wajah kita. Kemudian angkat ekor kitten secara perlahan. Jika kitten berjenis long hair, maka tiup lembut bagian anus untuk menyibakkan bulunya. Atau bisa juga basahi bulu kitten dengan sedikit air hangat sehingga tidak ada bulu yang menutupi alat kelaminnya. Lalu amati bentuk kelaminnya. Hal ini akan lebih mudah dilakukan apabila ada pembandingnya (lakukan pada beberapa kitten sekaligus).

Pada kitten betina, jarak antara anus dan vulva lebih dekat dibandingkan pada kitten jantan. Penampakannya seperti tanda seru terbalik yaitu lingkaran dan semacam garis. Akan tetapi pada kitten jantan jarak antara anus dan alat kelaminnya (penis) lebih jauh daripada kitten betina. Karena pada ruang antara anus dan penis nantinya akan menjadi ruang untuk tumbuhnya testis. Jarak antara anus dan vulva pada kitten betina hanya sekitar 1 cm saja. Sedangkan pada kitten jantan jarak antara anus dan alat kelamin bisa mencapai 2 cm.

Di bawah ini ada beberapa gambar ilustrasi yang semoga bisa memperjelas narasi tersebut :




(Sumber gambar : id.wikihow.com)


Jika pet parents masih ragu meski sudah melakukan tips di atas, maka tunggu kitten sampai berumur kurang lebih 2 bulan dimana testis akan mulai tumbuh dan terlihat jelas pada kitten jantan. Jika tidak ada testis yang terlihat maka kitten tersebut berjenis kelamin betina.

Semoga sudah mulai bisa membedakan para kitten, ya....

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sunset Terindah Di Kerajaan Ratu Boko

  Gerbang Utama, Sumber foto : https://www.magnetoholidays.id/ Kerajaan Ratu Boko mungkin tidak seterkenal Candi Prambanan. Tapi Kerajaan Ra...