Kamis, 11 November 2021

Soto Seribu Rupiah di Kota Madiun


    Siapa yang tidak mengenal soto? Salah satu menu yang mudah dijumpai di setiap tempat, tentu saja dengan ciri khas masing-masing daerah. Secara umum, soto adalah masakan berkuah bening berwarna kuning yang berisi tauge, kol dan soun. Bisa ditambah dengan ayam suwir, maupun daging.

    Di Kota Madiun ada salah satu tempat makan yang menjual soto beserta lauk pauknya dengan harga dipukul rata yaitu seribu rupiah!. Sungguh membuat penasaran, seperti apa isi dari soto jika hanya dibrandol seharga seribu rupiah saja?


    Soto sewu ini berisi nasi, kuah soto, tauge, irisan kol, dan juga ayam suwir. Mangkok yang digunakan memang lebih kecil daripada mangkok soto pada umumnya. Bisa dilihat dari perbandingan diameter mangkok soto dengan diameter air minum dalam kemasan. Tapi bayangkan saja, harga seribu rupiah sudah mendapat ayam suwir, loh! Sungguh sangat murah meriah sekali.

    Sebagai pelengkapnya tersedia juga aneka gorengan (tempe gembus, bakwan/heci, dan sundukan usus). Masing-masing seharga seribu rupiah. Selain itu minuman yang tersedia adalah air minum dalam kemasan yang juga dibrandol seharga seribu rupiah saja.

    Tempat makan ini berlokasi di Jl. Abdul Rahman Saleh, Kelurahan Kejuron, Kecamatan Taman, Kota Madiun. Tepatnya di depan SMA 6 Madiun, berseberangan dengan SDN 2 Kartohardjo. Pengunjung dapat menikmati soto beserta pelengkapnya di trotoar dengan beralaskan tikar lipat. Soto dan gorengan ditempatkan pada gerobak yang terparkir di pinggir jalan tersebut. Untuk gorengan dan sundukan pengunjung dipersilakan mengambil sendiri, namun untuk soto akan diantar oleh penjual.

    Soto sewu mulai buka pada Bulan Desember 2020. Di saat pandemi covid 19 merajalela, pemilik soto sewu mawon ini berniat untuk membantu masyarakat agar tetap bisa mendapatkan makanan dengan harga yang terjangkau.

    Jika ingin mencicipi soto ini, segera merapat pada pagi hari mulai pukul 05.30 WIB. Karena biasanya pada pukul 10.00 WIB soto ini sudah habis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sunset Terindah Di Kerajaan Ratu Boko

  Gerbang Utama, Sumber foto : https://www.magnetoholidays.id/ Kerajaan Ratu Boko mungkin tidak seterkenal Candi Prambanan. Tapi Kerajaan Ra...